Libur USBN 2018

Siswa Kelas 7-8 SMPIT Ihsanul Fikri Mungkid ikuti Tiga Camp Beruntun

Sudah menjadi tradisi di SMPIT IF ketika siswa kelas 9 mengikuti ujian sekolah, siswa kelas 7-8 tidak libur. Di waktu tersebut siswa kelas 7-8 secara beruntun mengikuti camp quran, camp bahasa, dan kemah ukhuwah, 6-16 April 2018.

Camp Quran digelar selama empat hari di kompleks SMPIT IF. Camp Quran kali ini bertemakan “cerdas bahagia dan mulia bersama Alquran”. Ruh kecintaan siswa terhadap Alquran diharapkan tumbuh lewat taujih dan motivasi yang diberikan setiap ba’da isya dan ba’da subuh.

Para siswa ditarget bertambah hafalan baru 3,5 halaman untuk kelas reguler dan 7 halaman untuk kelas tahfidz. Selain itu mereka juga ditarget murajah (mengulang hafalan) satu juz, tilawah 10 juz, dan tadabbur qur’an (memahami makna) 1 juz.

Camp bahasa juga dilaksanakan selama empat hari di kompleks SMPIT. Let’s Express Your Hearts Voices menjadi tema camp bahasa kali ini. Para siswa ditarget bertambah 100 kosa kata baru bahasa inggris dan bahasa arab.

Di camp bahasa para siswa juga dikenalkan tata bahasa yang simpel dan langsung mempraktikkannya. Mereka pun lebih antusias ketika diajak praktik bahasa lewat drama dan nasyid.

Kemah ukhuwah menjadi agenda yang digelar di luar kompleks SMPIT IF. Melalui kemah ukhuwah para siswa diajak Back to nature. Selama empat hari mereka diajak berkemah di kawasan hutan gunung Merapi, daerah Srumbung Kabupaten Magelang.

Para siswa dilatih untuk hidup di alam terbuka mulai dari mendirikan tenda, memasak, mck di sungai, hingga program one day no rice. Tentu saja, selama berkemah para siswa didorong untuk senantiasa menjaga kekompakan, solidaritas, dan teamwork.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *